My Instagram My Google+ LinkedIn My Facebook My Twitter RSS Feed

Review Novel Fifty Shades Darker

    Fifty Shades Darker ini merupakan novel kedua dari Trilogi Fifty Shades. Setelah sebelumnya saya mereview mengenai novel Fifty shades of Grey, pada postingan kali ini saya akan mereview cerita dari novel Fifty Shades Darker.. Yuk marii mulai...


   Pada akhir cerita novel Fifty Shades of Grey, Ana meninggalkan Christian.. Ana meninggalkan apartemen Christian dan memutuskan hubungan dengannya. 3 hari telah berlalu semenjak Ana memutuskan kontak dengannya, Ana menjalani hidup seperti biasanya. Ana mulai bekerja di kantor penerbitan bernama SIP, ia bekerja sebagai asisten Jack Hyde (Commissioning Editor).

  As usual, karena saya pecinta novel romantis.  Maka saya merangkum hal-hal yang sweet yang ada di Novel ini. Cekidot guys *-*


   Pada awal novel ini Christian telah melakukan hal menunjukan kalo dia masih mengharapkan atau mencintai Ana. Christian mengirimkan kejutan kepada Ana. Pada hari pertama Ana bekerja dan ketika ia sedang termenung di apartemen-nya sepulang kerja, ia mendapatkan kiriman dari Christian berupa sebuah kotak yang berisi dua lusin mawar putih dan sebuah kartu dengan ucapan
 "Selamat atas hari pertamamu di tempat kerja. Aku harap berjalan dengan lancar. Dan terima kasih untuk glidernya. Itu sangat manis. Dengan bangga aku meletakkan di atas mejaku. Christian".
  OMG,, siapa coba yang gak melting. Catatan untuk semua cowo. Please do what Christian does. Poin ++ banget untuk menunjukan betapa Christian masih care sama Ana.



   Keesokan hari nya Christian mengirim email kepada Ana mengenai pembukaan pameran galeri foto Jose di Portland. ~ Christian bener-bener care banget dan menunjukan banget usaha dia untuk menjalin hubungan lagi dengan Ana. Christian masih inget sama omongan dia untuk menemani Ana pergi ke pembukaan pameran foto Jose di Portland. Walaupun setelahnya mereka putus hubungan, Christian tetap memegang omongannya. Dia gak mementingkan ego nya. 
   As we know di akhir cerita novel pertama kan Ana yang meninggalkan, Bisa aja Christian bersikap acuh dan jadi  hopeless dengan tindakan Ana yang meninggalkannya. Leason learned : if you really love her, fight for her. Kalo kamu cinta yah harus diperjuangin, jangan nyerah gitu aja. Harus berjuang seperti Christian :*


   Ana menyetujui untuk pergi dengan Christian. Pada jam pulang kantor Ana dijemput oleh Chritian dan Taylor dengan mobilnya. (kirain pergi ke Portlandnya dengan berkendara mobil). Setelahnya Ana mendapatkan kejutan lain dari Christian, karena mobil Christian berhenti di sebuah gedung yang masih berada di dalam kota Seattle. naik ke puncak gedung ternyata mereka menggunakan helikopter yang Christian kemudikan sendiri. Aw.. Aw,. Aw 
 

   Pada pembukaan galeri foto Jose setelah berbincang-bincang dengan Christian, Ana kebingungan karena beberapa orang asing menyapanya. tetapi ia sendiri tidak mengenal mereka semua. Lebih kaget lagi ternyata ia mendapati 7 foto dirinya secara Close-up dengan berbagai macam ekspresi yang diambil secara candid oleh Jose disertakan dalam pameran. Christian mengamati foto Ana secara bergantian  dan kemudian mengeluarkan kartu kreditnya untuk membeli foto tersebut. 
   Ana berpikir Christian hanya membeli satu fotonya. Tetapi ternyata Christian membeli semua foto close-up Ana. dan Alasannya adalah
 "Aku membeli semuanya, Anastasia. Aku tak ingin beberapa orang asing memelototimu di dalam rumah pribadi mereka." 
   Agak-agak lebay deh,, tapi hal yang dilakukan Christian cukup manis karena ia ingin melindungi Ana dari kejahatan mata-mata yang memandang dengan maksud-maksud yang tidak baik *Lohh




   Selesai menghadiri pembukaan pameran galeri foto Jose, Christian mengajak Ana makan malam romantis di sebuah restoran, setelah itu mereka kembali ke Seattle. Christian mengantar Ana ke apartemennya dan memberikan Ana sebuah kotak. 
   Ternyata kotak tersebut berisi Macbook dan Blackberry milik Ana yang dihadiahi oleh Christian sebelumnya. And ternyata ada kejutan lain dalam kotak tersebut.. Christian memberikan Ana sebuah Ipad. Sebuah kartu putih di atas layar dengan pesan tertulis dalam tulisan tangan Christian: 
   "Anastasia – ini untukmu. Aku tahu apa yang ingin kau dengar. Musik ini mengatakan tentang perasaanku. Christian". 
   OMG.. So sweet banget Christian Grey ini. Apakah ada wujud nyata dari sosok dia.. (ngehayal aja..) Lol. Hal yang lebih sweet lagi adalah ketika Ana menyalakan Ipad, wallapaper pertama yang muncul adalah foto glidder yang Ana berikan untuk Christian, lalu wallpaper berikutnya adalah foto Ana dengan Christian ketika mengahdiri acara wisuda Ana di WSU. 
   Terdapat aplikasi British Library (which is favoritnya Ana) Christian knows well apa yang Ana sukai. ~Hal-hal kayak gini nih yang buat kita para cewek jadi tersenyum. siapa coba yang gak bahagia kalo jadi Ana :)) Terdapat banyak lagu di Ipad tersebut yang mengungkapkan perasaan Christian ke Ana. saya jadi suka dengerin lagi Lagu Coldplay yang The Scientist karena baca Novel ini. Liriknya dalemm cinn...dan pas banget dengan apa yang Christian rasain ke Ana.


   Ana tertidur dengan balon Charlie Tango (Charlie Tango ~ sebutan untuk Helikopter Christian) yang sudah kempes. Walaupun udah kempes, balonnya tetep disimpen. Balon ini diberikan Christian ketika Ana akan pindah dari Apartemen lama ke Apartemen baru di Seattle. 
   Lalu pada cerita Novel ini Christian yang sedang di apartemen Ana mengetahui kalo Ana masih menyimpan balon pemberiannya. Ana mengatakan kalo balon Charlie Tango menjadi temannya semenjak ia memutuskan hubungannya dengan Christian.

  Christian memberikan kunci mobil Audi yang sebelumnya dihadiahi untuk Ana untuk dimilikinya kembali, tetapi Ana menolak kunci tersebut dan memilih membeli mobil baru dari uang hasil penjualan mobil Beetle nya. 
   Ana telah menerima cek dari Christian untuk uang hasil penjualan mobil beetlenya (menjelang akhir cerita novel pertama) dan Christian bersikukuh untuk untuk tetap memberikan mobil Audi dan cek yang diberikannya sebesar 24000 USD. 
   Ana merobek cek tersebut. dan Christian menelpon asistennya untuk mentransfer sebesar 24000 USD ke rekening Ana. Wew.. bahkan nomor rekening Ana ia ketahui.. (kayaknya semua track record Anastasia Steele diketahui dengan baik oleh Christian Grey) Lol. 


   Yang saya sukai dan buat saya ketawa juga adalah emai-email yang dikirimkan satu sama lain antara Christian dan Ana. Isi email yang terkadang marah, bossy, flirting, etc. ditambah end note emailnya yang terkadang bikin ngakak. Misalnya :
-- Christian Grey, CEO yang Benar-benar Jatuh Cinta, Terkejut dan Terpesona, Grey Enterprises Holdings Inc.
-- Christian Grey, CEO Grey Enterprises Holdings Inc. dan bos dari bos-bos mu. ~Lol.

   Bos dari bos-bosnya Ana? Yup. di novel ini diceritakan ternyata Christian mengakuisisi perusahaan tempat Ana bekerja. Jadi Christian otomatis merupakan bos dari bos-bos nya Ana karena Christian merupakan CEO perusahaaan yang mengakuisisi perusahaan tempat Ana bekerja. Hahhaha.. Bujangan paling kaya di Seattle, USA jadi wajar-wajar aja lah ya. 

   Apalagi diceritakan juga di novel  ini kalo gaji Christian sebesar 100000 USD per menit dari semua usaha yang dimilikinya. ~Per menit booo... 
1 jam ada 60 menit, 1 hari ada 24 Jam (24*60 = 1440 menit). 
Jadi gaji Christian per hari = 100000*1440 = 1.440.000 USD.1,4 Miliar USD.. 
(in fact Christian Grey hanya fiksi, hayo wake up wake up) :))


  Ana dibelikan mobil baru berjenis Saab 9-3 oleh Christian, karena mobil Audi miliknya dirusak dengan goresan dan disiram cat diseluruh body mobilnya. Hal ini dilakukan oleh seseorang dari masa lalu christian yang meneror keduanya.  Setelah membeli mobil,   Ana diajak Christian Berlayar dengan kapal pinisi yang ternyata diketahui milik Christian. So Sweet..





   Christian mengutus salah seorang pengawal keamanannya untuk menemani Ana selama bekerja. walaupun sempat berdebat. akhirnya keduanya menyepakati kalau pengawal Christian yang bernama Sawyer menemani Ana hanya mengawasi di depan pintu kantor. Lol. Sikap protektif Christian ternyata dilakukan untuk melindungi Ana dari ex submisivnya Christian yang agak-agak psycho yang meneror mereka berdua.

   Christian mengetahui kalo email kantor ana sedang dipantau. Tidak lain dan tidak bukan adalah oleh Jack Hyde, atasan Ana. Atasan ana ini Omes alias otak mesum. Lol. Ia memiliki track record buruk terhadap para Personal Asisten sebelum Ana. Christian tentu mengetahui hal ini, karena dia tentunya memiliki orang-orang yang bisa ia perintah untuk menghandle hal tersebut. Jack hyde mengira Ana sebagai wanita penggoda.~ 


   Jack mengetahui kalau Ana berpacaran dengan Christian Grey, bujangan paling kaya di Seattle. Jack berpikir kalau Ana pandai merayu sehingga dapat menjalin hubungan dengan seorang Christian. Apalagi dengan memonitor email kantor SIP. bisa jadi Jack mengetahui isi email antara Ana dan Christian yang tekadang berisi kalimat flirting. :)) 
   Jack mengambil kesempatan merayu Ana dan berbuat yang tidak senonoh ketika mereka hanya berdua di kantornya pada jam lembur. Ana menendang Jack dan kabur keluar kantor dimana Christian telah menunggu untuk menjemputnya. 
  Mengetahui apa yang dialami Ana, Christian dan Taylor pengawalnya langsung masuk kedalam kantor memberikan pelajaran kepada Jack Hyde. Langsung dipastikan hari itu adalah hari terakhir Jack Hyde sebagai Commisoning Editor di SIP. ~ secara christian merupakan bos dari bos-bos yang ada di SIP. Lol.




  Ketika Ana mempersiapkan diri untuk pergi ke acara amal di rumah orang tua Christian Grey, Ana kebingungan untuk memakai gaun apa. Ketika ia membuka lemari pakaian kamarnya di apartemen Christian, betapa terkejutnya ia dengan deretan baju yang beragam dan bahkan salah satu gaun malam yang ada memiliki label seharga 2998 USD. Wow.. Tentunya orang dibalik hal tersebut adalah Christian Grey.. Grey Grey.. Penuh kejutan banget pria yang satu ini *-*

  Hal lucu ketika Acara Amal di rumah ortu Christian ini adalah ketika lelang dansa, Ana didorong oleh Mia (adik Christian) ke tengah panggung. Seorang pria menawar Ana sebesar 15000 USD, Christian membalas tawaran dengan harga lebih tinggi yakni 20000 USD. 
   Pria asing tersebut yang diketahui sebagai dokter Flynn (psikiater Christian) membalas lagi sebesar 25000 USD, dan lelang dansa dengan Ana dimenangkan oleh Christian dengan nominal sebesar 100000USD. Lol. Itu untuk Dansa aja, padahal wanita sebelum Ana terlelang untuk dansa hanya sebesar 4000 USD. 

   
Ana mendapat promosi jabatan untuk menggantikan Jack Hyde sebagai Commisoning Editor di SIP. Ana terkejut dan mengabari Christian untuk menanyakan campur tangannya terhadap promosi jabatan yang diterima Ana. Well.. christian can do everything. hahahha. Ana mendapatkan kejutan dari Christian atas promosi jabatannya berupa satu keranjang mawar putih dan soft pink. Romantisnyaa...

   Tidak hanya disitu saja, sepulang kerja Christian menjemput Ana dan membawanya ke sebuah rumah di pinggir sungai The Sound. Ana bingung karena christian membawanya ke rumah yang megah dengan pemandangan yang mengagumkan di pinggir sungai.  pemandangan Bainbridge Island yang indah terdapat  diseberangnya.   Christian bertemu dengan seseorang dirumah tersebut dan mengajak Ana berkeliling. Ternyata, Christian ingin membeli rumah itu jika Ana menyukainya. . Christian ingin rumah itu sebagai rumah masa depannya bersama Ana.. Awwww.. So Sweet..






  Christian melamar Ana dan meminta Ana menikah dengannya. Ana tidak langsung menjawab permohonan Christian tersebut karena Ana ingin meyakinkan bahwa dirinya memang orang yang tepat untuk Christian. Disisi lain Christian takut kalau Ana akan meninggalkan dirinya lagi seperti dulu.



   Ana memberikan sebuah kado berupa kotak kecil kepada Christian, dan meminta Christian menyimpannya dan membukanya pada hari Christian berulang tahun. Ana memberikan suprise dengan memberikannya gantungan kunci Seattle dengan tulisan `Yes` yang berkedap kedip ketika dinyalakan.. So Sweet.. 
   Christian sempat khawatir karena Ana ingin bertemu dengan dokter Flynn sebelum menjawab permohonan Christian. Ia takut setelah Ana bertemu dengan dokter Flynn, Ana akan menjawab tidak akan menikah dengan Christian. Tetapi diketahui kalo surprise kotak tersebut diberikan oleh Ana sebelum ia bertemu dengan flynn. Which means Ana memang sudah mengatakan "iya" sebelum bertemu dokter Flynn.



***

   Jadi di novel kedua ini diceritakan Ana kembali menjalin hubungan dengan Christian. Walaupun sebelumnya ia memutuskan hubungan dengan Christian dan memulai karir baru dan mencoba melupakan Christian.  Tetapi Christian meyakinkan ia kembali bahwa Christian merindukan Ana dan ingin kembali bersamanya. 
   Ana belum menandatangani NDA (kontrak) Christian dan Christian menawarkan perubahan-perubahan dalam NDA nya agar Ana yakin bahwa Christian tidak akan menyakitinya. ~ lebih lanjut diketahui bahwa Christian mencintai Ana, dan tidak ingin Ana pergi dari hidupnya. Jadi Ana tidak menjadi submitiv Christian. mereka berdua menjalani hubungan ini sebagai sepasang kekasih.

   Tetapi perjalanan cinta keduanya tidak semulus yang dibayangkan. Tsaah.. Leila, Seseorang dari masa lalu Christian hadir. Leila merupakan submisiv christian sebelum Christian bertemu dengan Ana. 


   Leila menjadi submisiv Christian selama 2,5 tahun. Ia meninggalkan Christian dan menikah dengan Pria lain. Setelah menikah, Leila pergi meninggalkan suaminya dengan pria baru dan pria tersebut tewas karena tertabrak mobil. Sekarang Leila mencoba masuk kembali ke kehidupan Christian. Ana bertemu dengan Leila di depan tempat kerjanya ketika ia ingin bergabung dengan teman-temanya di bar seberang tempat kerjanya sepulangnya bekerja.

  

 Ternyata ketika Christian bersama Ana di Georgia, Leila mendatangi apartemen Christian dan membuat kekacauan dengan memotong urat nadinya. uuh... ngerii.. 
   Gangguan hubungan mereka tidak hanya disitu, Ana juga bertemu dengan Mrs. Robinson (Elene Lincoln) seseorang tante girang kali ya,, yang memiliki hubungan xxx dengan Christian. Wah nih orang pokoknya berpengaruh buruk banget ke Christian walaupun dia mengakui dirinya sebagai penyelamat Christian~Apasih.
  Adegan yang mengejutkan adalah ketika Leila muncul di Apartemen Ana dengan menggenggam pistol, fiuhh,, syukurnya Ana gak ditembak. Kalo ditembak jadi sad ending deh ceritanya.. u_u Akhirnya Christian datang dan berdiri di antara Leila dan Ana. Christian meminta Ana untuk pergi meninggalkannya dengan Leila. 
   Ana merasa sedih karena Christian memintanya untuk pergi meninggalkan mereka berdua. Ana akhirnya pergi dengan Ethan (adiknya Kate) yang sudah kembali ke apartemen dan mereka menuju cafe di seberang apartemennya. Ana melihat Leila dalam keadaan sehabis mandi masuk ke mobil dengan Christian dan psikiaternya.. 



  Ana kembali ke Apartemen Christian, dan Christian dengan khawatir menunggunya *-* Ana memiliki kekhawatiran kalau suatu saat Christian akan pergi meninggalkannya karena Christian  memiliki segalanya ; rupawan, sukses .. 
Sedangkan Ana hanyalah seorang yang biasa tanpa limpahan materi. 

   Lucky Ana, Christian tidak pernah membayangkan hidupnya tanpa Ana. Christian mencintai Ana dan ingin Ana selalu bersamanya. Bahkan ketika Ana tidur disampingnya, Christian merasa aman tanpa gangguan mimpi buruk yang merupakan refleksi dari masa kecilnya yang menyedihkan.

     Menjelang akhir cerita, Ana bekerja seperti biasa kemudian mengirimkan email ke Christian tetapi tidak seperti biasanya,  Christian tidak membalas email Ana. Ana mulai khawatir dan betapa terkejutnya ia ketika mengetahui bahwa helikopter yang ditumpangi Christian hilang.  
   Semua keluarga dan sahabat Ana berkumpul di apartemen Christian, berharap-harap cemas mengenai keadaan Christian. dan syukurlah Christian pulang dengan selamat. Christian memeluk orang tuanya, adik-adiknya dan juga Ana. 
   Ana melihat Christian sangat bahagia dapat bertemeu dengan keluarganya. Christian mulai menyadari bahwa ia dicintai oleh keluarganya, ia memiliki kasih sayang yang berlimpah dari keluarganya dan orang yang mencintainya~

*** 

   Setelah peristiwa tersebut, esok harinya Christian dan Ana menghadiri pesta ulang tahun Christian dirumah orang tua-nya. Pada acara tersebut Christian juga mengumumkan pertunangannya dengan Ana. banyak gadis-gadis yang kecewa (termasuk saya) *Lohh.. karena Christian tidak pernah menggandeng seseorang as we called it kekasih. Bahkan dia disangka "gay" Lol. 



   Acara tersebut juga di hadiri oleh Mrs. Robinson. dan Mrs. Robinson menghampiri Ana untuk mengatakan jika Ana berpikir Ana  bisa membuat Christian  bahagia itu merupakan hal yang sangat keliru, karena Christian memiliki kebutuhan-kebutuhan yang tidak mungkin Ana bisa puaskan. Ana melempar isi minuman di gelas yang digenggamnya ke wajah Mrs. Robinson (Mantapp.. Lanjutkan *Lohh).

   Mrs. Robinson pengusik banget deh --" Jelas Christian berhak untuk mendapatkan yang terbaik untuk dirinya kedepan. dan itu pastinya dengan Ana, Mrs. Robinson gak rela gitu kalo Christian emang bukan Christian yang dulu, Christian telah menemukan titik cerah dalam kehidupannya setelah bersama Ana (y) 
 

 Christian datang menghampiri mereka berdua. Christian memaki Mrs. Robinson yang telah dengan berani berbicara hal-hal yang tidak seharusnya kepada Ana, Ditengah perdebatan antara mereka bertiga, Mrs. Grace (ibu Christian) mendengar dan akhirnya mengetahui apa yang telah Mrs. Robinson lakukan terhadap anaknya. Ibu Christian mengusir Mrs. Robinson dari rumahnya. 


   Ana pergi ketika Christian berbicara dengan ibunya. ia memilih menyendiri ke kamar Christian. Christian datang menyusulnya dan mengatakan kepada Ana bahwa hubungan bisnis-nya dengan Mrs. Robinson akan diputus, jadi Christian tidak akan pernah berhubungan lagi dengan Mrs. Robinson.
   Ana dan Christian pergi ke rumah perahu, ketika Ana membuka pintu loteng ia terkejut dengan isi ruangan penuh dengan bunga-bunga...ada bunga di mana-mana. Pastinya Christian yang telah menyiapkan kejutan tersebut. :)



   Dari dalam saku jaketnya, Christian mengeluarkan sebuah cincin dan menatap ke arah Ana, "Anastasia Steele. Aku mencintaimu. Aku ingin mencintai, menyayangi, dan melindungimu selama sisa hidupku. Jadilah milikku. Selalu. Berbagi hidup denganku. Menikahlah denganku ". Ana dengan yakin mengatakan "iya" dan Christian memasangkan cincin di jari ana ~~ So sweet ~~ 


Ini merupakan akhir cerita novel Fifty Shades Darker. . Ana mencintai Christian dan mantap untuk menikah dengannya. Berbagai rintangan yang menghadang mampu dilewati mereka berdua.. u.u Christian berusaha melumpuhkan sisi gelap dalam dirinya dan menjalani hubungan yang normal bersama Ana as he called it "hubungan vanilla" . and it runs well with Anna beside him.



di akhir novel ini ada epilog mengenai mantan atasan Ana (Jack Hyde) yang berdiri di depan rumah keluarga Grey.

Thank you for reading :)


Artikel terkait :
   
   
      
   

106 comments:

pendiam kecil said...

Mbak, Aku Bisa minta e booknya? Kalo boleh 3 novelnya.... penasaran soalnya.

Ke ade.s701@gmail.com

Thank you

Herrera Derby Martharina said...

mau juga dong kak :'D
herreraderbymartharina@gmail.com
terima kasih.. reviewnya top (y)

Yuristi Amitha said...

Aku bisa minta juga nggak kak? :) yuriline23@yahoo.com. Buku yg kedua ini so sweet banget. Agak penasaran juga di epilognya. Thanks kak :D

Safira Salsabila said...

mbak jadi penasaran banget sama novelnya, boleh minta juga nggak mbak?
safira.mint@gmail.com
thanks ya mbak

Niah Sulhaniah said...

Kak, aku minta ebooknya ya. Plissss. sulhaniah@yahoo.com

Idraki Sariyan said...

Kak ak jga mnta yaa tlg krim ke idraki.93@gmail.com
Mksh bnyak ya kak

Nur Aprilia A said...

ka aku boleh minta ebooknya? ini alamat email aku : nurapriliariri@yahoo.co.id terimakasih ya ka :)

Apriana Galuh Mayangsari said...

Ka Aku boleh minta e-booknya? aprianagaluh@gmail.com terimakasih ya ka sebelumnya :)

Yohana Tia said...

Aduh di film nya kenapa ending nya gantung ya? Gak ada kelanjutan kayak di novel seperti yang kakak bilang. Nangung >. <

Hilda Ajeng Pratiwi said...

Ka boleh minta e-booknya?
hildakawaii@yahoo.com makasih kak.

Ninik Syanti said...

Ka boleh minta 3 e-booknya kaa
Ini email aku : niniksyanti98@gmail.com
Makasih ya kaa 😊

wilda nomore said...

Aku juga mau

wilda nomore said...

Ini email aku kak wieldaaa@gmail.com makasih yah sebelumnya 😘😘

Kezia Davina said...

aku juga mau 3 e-booknya kakk
emailku keziadav@gmail.com
makasih yaa :)

Gabriela Sonda said...

Kaa aku mau ebooknya juga yaaa
Sondagabriela@gmail.com

Terimakasih

Amel Amelia said...

Ka aku juga mau ya email aku melimelamel@gmail.com makasih ka sebelumnya reviewnya keren banget

Hafsah Rabbani said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

mau ebooknyaaaa
yarasilviana@gmail.com

gilang in woo said...

boleh mnta ebook'a jga ka.
gilang.seoinwoo@gmail.com

thanks.

Anonymous said...

Boleh minta ebooknya ketiga2nya ga?
Klu boleh ini emailnya :
Michelleskk11@gmail.com

Xavier Roii Dillon said...

Waduuuh boleh juga nih kalo ada 3 e-book nya. Gue udah nonton fifty shades of grey nya. Karna di film kurang mendetail, pengen deh ebooknya pasti lebih detail. Thanks yaa ini email gue roiidiloon@gmail.com

Gian Labib said...

mba mau juga dong e booknya gianlabib07@gmail.com makasih ya mba...

sarah febiola said...

kak boleh minta ketiga e-booknya ga?
penasaran banget sama cerita lengkapnya s.febiola14@gmail.com
makasih sebelumnya kak ;)

Rizkia Ramadhana said...

Kak mau juga ebook nya :( kirim ke rizkiaramadhana.rr@gmail.com ya kak. Terimakasih sebelumnya kak:)

mionriri said...

Dear All,

Thanks for visiting my blog and thank you for all of your feedbacks. FYI, jika ada yang mau ebooknya langsung request ke email saya aja yg ada di about me. karena jarang buka blog. Trims

gaby fortuna said...

Kak,boleh minta 3 ebooknya?? Klo boleh ,tolong kirim ke gabrielahutajulu@yahoo.co.id ya kak :)
Thnkss ka sblmnyaa ;)

CrinFilm.com said...

Nanti saya request ke emailnya... mbak.

Alfan Azatur said...

boleh minta ketiga-tiga ebooknya dong kak... soalnya bagus sih ceritanya. makasii
aazaturr@gmail.com

Siska Gustiriyanti said...

kak boleh minta ebook nya gak?
kalau boleh kirim ke cikaawrzy@gmail.com ya kak;)
makasih sebelumnya

syazwannie saad said...

kak aku juga mau ebooknya, boleh minya ketiga-tiga ebooknya dong kak ...makasi..syazwanniesaad@gmail.com

Anonymous said...

mbak kalau boleh minta ketiga e-booknya ya :) bibip92@gmail.com

Gudang Perabot said...

thanks so much for u'r ebook

Princess Andhyra said...

minta E-book nya juga dong kak...
princess.ayunita@gmail.com
pleaseeeeee

Ratih Kusuma Wardani Sagita said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

Aku mau dong ebook nya!! Kirim ke nabila_azzahra70@yahoo.com ya kak. Makasihh

ANIS FADILLA IFIANTI said...

Kak kirim in ke 3 ebook nya ke ifiantianisfadilla@gmail.com ya
Mksh

Anonymous said...

Kak mau ebook tigatiganya dong kirim ke farah_sabrina@ymail.com
Makasiiih

Ani Setiana said...

Kka aku mau dong ebook ketiga-tiganya..
Kirim kesini yah : anisetiana1@gmail.com
Makasih :')

Uray Dewie said...

SIST BLH MNTA EBOOK NY Y KE DEWIEJULIA@GMAIL.COM KLAU BLH YG 1,2,3.. ;)) THX

waiiuwaiiu said...

Kak.. aq juga minya ebooknya kalo boleh. Nama emailq wahyu.romdhani99@gmail.com.. makasih ya sebelumnnya

Mitha Adella said...

Sist blh minta ebooknya jg gak? plisss dong.... klo bs ketiga"nya :). Ini emailq mithaadel@gmail.com

Mldachild Nurdiah Purwanto said...

kak, Aku minta ebooknya dong. pliss Emailku: mldachild@gmail.com
Makasih ya:)

sabilla erita said...

Kak, aku mau ebook nya dong. Email aku : sabillaerita@rocketmail.com
Thanks alot kaaakk :D

Galuh Whendayati said...

Kak, aku juga mau dong e-book nya.. kalau bisa juga untuk ketiga seri novel nya ke email ku..
gwhendayati@yahoo.com / gwhendayati@gmail.com
Thank you ya..

lisa caroline harianto said...

Hallo aku downl dari hp. Koq aneh ya abis downl tulisannya mesti downl aplikazone dulu. Tolong bantu yah ☺

anita alfia said...

Ka aku minta ebooknya dong anitaalfia1@gmail.com

Mksh

Primayasari Dalimunthe said...

Ahhh soswettt...ilovegrey...
kak aku minta e book nya 123 yah..tengkyyu...
email g1f007090@gmail.com

Ayus Zahra said...

kak aku juga mau dong ebooknya ini email aku istiarati_aa@yahoo.com
makasih kak

Ekka Prahastin said...

Ka aku minta ebooknya dong 123 ya
ekkaprahastin@gmail.com

Ekka Prahastin said...

Ka aku minta ebooknya dong 123 ya
ekkaprahastin@gmail.com

Mimi Iftha said...

Kak aku juga mau dong ebooknya.. 1 2 3 ..
ke mimiiftha@gmail.com.. makasih sebelumnya..

Eki Sa'adah Apriliana said...

Kak aku mau juga dong ebooknya 123 ke ekisaadah16@gmail.com
Makasih sebelumnya☺

Amy Mukaromatun said...

Kak minta ebooknya dong :3
Amy.mukaromatunl@gmail.com makash yaaa

Wardatul Jannah said...

Kak mintak ebooknya jg donk. Pleasee
wardatuljannah1093@gmail.com

Hanii Ulfah said...

Kakak. Aku juga mau minta semua ebook nya . Boleh kak ? hanidnidfah@gmail.com

Anggi Rizky Fauzi said...

Kak aku mminta 123 ebooknya boleh gk? Makasih anggirizkyfauzi91@gmail.com

Nabilla Octaviana said...

kak aku mau juga dong e-booknya
nabillaoctaviana222@yahoo.co.id

Nabilla Octaviana said...

Kak aku minta e-booknya dong kakk : nabillaoctaviana222@yahoo.co.id Makasih yaaa

Chairida Handayani said...

kak aq boleh minta e booknya 123.
di chaihanyan@yahoo.co.id

makasih banyak yah,kak

Ira Gunarti said...

kak bagi e booknya 123 :D
ira.gunarti0305@gmail.com

terimakasih :)

sone taeny said...

Kak minta e book nya 123 ya,, sonetaenypja97@gmail.com thank you kak

Athan Marino said...

Aku minya ya yang darker dan freed athan.marino@gmail.com :)))

megan nicole said...

Hai makasih atas sinopsisnya! Jadi penasaran hahah aku boleh minta ebooknya darker dan freed? Kalo boleh bisa di kirim oopsitsmegan@gmail.com thanks love<3

ratna dewi said...

ceritanya sangat menarik dan so sweet bngt.
aku boleh minta ebooknya gak?? yang indo kalau ada ke naa_dewi1819@yahoo.com

Dwi Wizuda said...

Mau jg donk mba ebook fifty shades trilogynya.. kirim email dwiwizuda@gmail.com. ditungguin ya mba. Makasihh

putri laila said...

Mbakk.. bleh saya minta e-booknya ? Kalo bisa semuanya mbak .. thank you mbak :)

putri laila said...

Mbakk.. bleh saya minta e-booknya ? Kalo bisa semuanya mbak .. thank you mbak :)

Anonymous said...

Kak boleh minta ebooknya fifty shades trilogy? Kalo bisa kirim ke harum.febriyati@gmail.com ditunggu kak ;;)

LeoRyo said...

thx for the review, i'm not a novel person but i'm curious about the storie

faradina risky sonia said...

Kak kirimin e-booknya fifty shades trilogy 1,2,3 ini alamat emailku faya.risky@yahoo.com

Dha Nurridhawati said...

Mau juga dong ka, klo bsa tolong kirim ebook ke nurie.iloenk@gmail.com
makasih

Unknown said...

Ka boleh minta ebooknya gak, klo bisa tolong kirim ebook ke haura_yuliawati@yahoo.co.id

Dwi Hayu Lestari said...

mba saya juga minta ebook ketiga nya... tolong email ke dwihayulestari@gmail.com terimakasih

Dwi Hayu Lestari said...

mba saya juga minta ebook ketiga nya... tolong email ke dwihayulestari@gmail.com terimakasih

Feby said...

Mba...hihihi..hehehehe... Minta ebook...febrina.senna@gmail.com ya ya ya mba...Makasih bgt...

kanthi wilujeng said...

saya juga minta dong mb .novel kdua dan ktiganya .krm ke emaik saya kanthiwilujeng8@gmail.com

download nya susah bgt mb .mkasih y mb

Anisa Tri Fadhila said...

kak aku mau dong e-booknya :))
anisatrifadhila@gmail.com

Maria Fransisca said...

Sist bagi e booknya dunk..
Genovevamariafransisca@gmail.com

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Balqis Zahra said...
This comment has been removed by the author.
Balqis Zahra said...

Kak minta e booknya donk.. yang ke dua sama yang ke tiga nya ya, penasaran banget sama ceritanya.. balqiszahra08.bz@gmail.com
Makasih kak please respond

Balqis Zahra said...

Kak minta e booknya donk.. yang ke dua sama yang ke tiga nya ya, penasaran banget sama ceritanya.. balqiszahra08.bz@gmail.com
Makasih kak please respond

Anonymous said...

Mba, aku juga suka banget sama Trilogy Fifty Shades ini, tolong kirim e book juga ke email ku yaa
erinkarlina29@gmail.com

terima kasih

meilita hikmawati said...

Boleh donk minta ebook trilogy nya...susah download nya mba tolong dikirim ke : meilitahikmawati@gmail.com saya tunggu sekali ya mba

Anonymous said...

mba boleh minta 3 ebooknya jg?, tolong kirim ke masbroyoi@gmail.com
terima kasih.

Dryzka Chika said...

Kak aku udah baca review novelnya dari kakak, belum nonton filmnya sih, tp tertarik banget sama novelnyaaa, kalo boleh minta ebooknya kak ketigatiganya ini email aku destyrar@yahoo.co.id makasihh kak kalo ydah mauu berbagi ;;)

Anonymous said...

kak, boleh minta ketiga ebooknya gak. ke email sennazianur@gmail.com. makasih banyak lho kak :)

Anonymous said...

ka tolong kirim ebook nya ke email devanniegeraldine@gmail.com hehe makasih banyak ya ka

Unknown said...

Kaaaak aku juga mau dong ebook ketiga trilogy-nya dikirim ke email aku kanissakumalayani96@gmail.com

Ramadikna yolanof said...

mbak ,boleh minta ebooknya , ketiganya please :( , suka banget sma novel romantis , dimohon ya mbak
ramadiknayolanof@gmail.com

Unknown said...

sis aku boleh minta ebooknya ketinganya please
siregarfitria27@gamil.com

Inna JienriHS said...

Kak , boleh ikut minta ebooknya ? Kalau boleh 3 serinya. Makasih. Innajienrihs@gmail.com

putu wiriastini said...

Aku udh nonton yang pertama.. Gila novelnya aja keren apa lagi di film'in this so sweet very very sweet. Dan makasi kak, akh jd bisa bayangin film seri ke 2 seperti apa

Rere Alathas said...

Kak bisa minta 3 e booknya? Please kindly send to my email
alathasrere@gmail.com

Thank you :)

putry nurul hikmah said...

Mbak aku boleh minta ebooknya ga putrynurulhikmah@gmail.com

Unknown said...

Kak aku juga minta ebooknya dong.
@sembiringkarinda.

MeeDonk said...

Kak, Aq suka banget Ceritanya, Bisa diemail ke 3 e booknya

terimakasih banyak ya kak moonriri

nirma.yusuf16@gmail.com

Zmirr said...

Kak aku mau dong... yang ke 2 dan 3 ebooknya ... aku suka bgt sama ceritanya.. thank u very much

Wil.zmir270901@gmail.com

Larenthia Marlim said...

Kak, saya juga minta ebook nya dong plis plis plis, 1-3.
I love rhe story.
Many thanks b4.

larenthiamarlim@gmail.com

Unknown said...

Kak,, mau juga dong 3 ebook nya,, thanks :)

dinaaulia399@gmail.com

Bisnis Rumahan Trina said...

mbak, saya minta ketiga ebook nya yaa.. pliss, ini email saya trinascience@gmail.com,, makasiih mbak

Anggun Murti Tirtayasa said...

Mantap x mba review nya, saya blum nnton tp udh melting duluan, mau dong mba e book nya, email saya angguntirtayasa30@gmail.com thank you before mba, thanjs untuk review nya, good job pisan :v

Mirna Hutapea said...

Mau dong mbak e book nya. Email saya mhutapea66@gmail.com

AK said...

Kalau boleh saya juga minta ebooknya ya kak. Alamat email saya akmaliakaka@gmail.com
Thankyouuu

THERESIA PURBA said...

Mbak saya sdh nonton filmnya jadi semakin penasaran baca sinopsis mbak. Klo boleh saya minta e booknya ya mbak. Theresiahartaulina@gmail.com

Kang Dhesu said...

Hey kak saya baru tau ada novelnya pas liat trailer filmnya. Blh mnta ebooknya gak kak? Dhesu293@gmail.com makasih yaahhh