My Instagram My Google+ LinkedIn My Facebook My Twitter RSS Feed

Now Boarding : Batam


   Halooow semuanyah,,, pada kesempatan kali ini saya mau sharing seputar perjalanan saya ke Batam.. Yukz kita mulai..



   Batam merupakan salah satu pulau yang terletak di Kep. Riau - Indonesia. pulau Batam terletak di perbatasan antara Negara Indonesia dan Singapore. Pertengahan maret lalu, I had a nice trip there with my family. 



   Saya ambil cuti 3 hari dari kantor. karena bertepatan dengan tgl 23 maret 2012 hari jumat jatuh tanggal merah (Long weekend euy). saya dan keluarga berencana untuk pulang ke kampung halaman papa saya di Tanjung Pinang - Kep. Riau dengan singggah di Batam 1 malam. Kami berangkat dari Jakarta tanggal 21 maret 2012 dengan pesawat penerbangan jam 6 pagi. Dengan tujuan Batam. FYI, Penerbangan dari Jakarta ke Batam ini memakan kurang lebih 1 jam 20 menit perjalanan. Dengan memesan tiket jauh-jauh hari saya bisa mendapatkan harga yang lebih murah  :)

Soekarno Hatta Int Aiport

Waiting for our flight

Cheers



Scenery from the air

Hang Nadim Int Airport, Batam - Indonesia


   Mendaratkan kaki di Batam.. saya dan keluarga dijemput oleh driver dari tempat penyewaan mobil yang udah saya sewa via internet sebelum berangkat ke Batam. Biaya sewa mobil ini kurang lebih 500rb rupiah (include driver) dan mobilnya adalah mobil kijang inova. Tujuan pertama kami pertama jalan- jalan ke tempat-tempat di Batam yang biasa dikunjungin sama wisatawan, yang pastinya saya tertuju sama icon Batam yaitu Jembatan Barelang. Jembatan ini menghubungkan pulang Batam- Rempang- Galang, yang disingkat Barelang. Batam yang dulu beda banget sama batam sekarang. terakhir tahun 2002 saya ke Batam masih tanah bauksit yang ada di sepanjang jalan,,  sekarang Batam sudah berkembang pesat dan sudah semakin banyak bangunan yang berdiri.

Scenery from Barelang's Bridge









Barelang's Bridge
This photo was taken by our driver. thank you pak :)

So quiet








some buildings stand on the water




   Ketika saya datang, Jembatan barelang ini sepi sekali. Apalagi saya ke sana ketika hari biasa dan di pagi hari. FYI, Jembatan barelang ini biasanya rame di waktu sore hari. jadi, kalo mau ke Jembatan Barelang better pergi pagi kalau mau dapet spot yang bagus buat foto-foto tanpa banyak orang. heheh. Tapi kalo suka sama kuliner. better datang ke Jembatan Barelang pas sore hari. karena menurut info dari driver kami, banyak yang jualan disepanjang jembatan ketika sore hari.

   Banyak penjual yang menjual berbagai seafood seperi kepiting dan udang. dengan harga kaki lima kita bakal mendapatkan seafood yang segar. asal pinter2 nawar aja ;) kita bakal dapet seafood yang fresh dengan harga yang terjangakau di kantong. hehehe :D. beruntung pas saya datang pagi ada seorang bapak yang baru datang dan membuka lapaknya di atas motor. beliau jualan udang goreng yang ditusuk ke bambu (seperti tusuk sate). harganya gak mahal.  dan udangnya juga fresh banget. Cobain sendiri kalo gak percaya :p.hihihihi

   Selesai dari Jembatan Barelang saya lanjut ke tempat lain yaitu KTM Resort yang ada di Sekupang-Batam. Lokasinya gak begitu lama dari Jembatan Barelang. karena disini gak macet seperti Jakarta. :D. jadi jarak tempuhnya gak begitu lama. dan karena pulau Batam gak begitu besar dan jalan utamanya juga tidak terlalu banyak. jadi pasti lewatinnya yang itu-itu lagi. lol. yang saya inget, saya selalu ngelewatin perempatan Kepri Mall.

   Sesampainya di KTM Resort yang saya pikir itu tempat ibadah di tepi laut. karena ada patung Dewi Budha yang gedee banget (Dewi dalam agama Budha). ups, ternyata saya salah karena ketika mobil berlanjut ke dalam, pemandangannya Indah Banget... *--* ternyata ada resort, laut yang jernih,, dan lagi-lagi karena saya kesana pas hari biasa jadi sepi.. banyak spot bagus buat foto disana. sayangnya pas kami kesana cuaca lagi berawan. kalo lagi cerah, kita bisa ngeliat singapore dari sini. which is gedung-gedung tinggi di Singapore akan keliatan.

airnya jernih banget
Sadly, cuacanya berawan.
Amazing



Quiet and Great Scenery





   Di KTM Resort ini actually ada pantainya. tapi sayangnya saya gak sempet ke pantainya. saya cuma jalan-jalan di bagian kiri resort, sedangkan pantainya ada di sayap kanan resort. KTM resort ini tempatnya indah. yang paling saya suka penginapan yang di depannya ada kolam air laut. as I see kayaknya kolamnya bisa buat berenang. dasar kolamnya berpasir putih, airnya gak berombak karena ada jembatan kayu dan ada tanaman bakau dalam pot yang berjejer rapih. dan resortnya belantai 2 terbuat dari kayu dengan pemandangan langsung ke laut, perfect! banyak juga wisatawan asing berkunjung kesini. ada beberapa pasangan juga yang sedang honeymoon di tempat ini,. so romantic.*_*

   karena hari udah menjelang siang ditambah perut udah mulai kriuk-kriuk akhirnya saya sekeluarga pergi dari KTM Resort menuju daerah Nagoya untuk Check-in Hotel.
Lovina Inn - Nagoya

Mampir beli rujak di pinggir jalan sebelum ke Nagoya


Pemandangan Batam dari atas bukit

@Lovina Inn, Nagoya

   Setelah Browsing2 di Internet sebelum pergi. Pilihan Hotel jatuh ke Lovina Inn - Nagoya. kakak saya udah booking kamar 2 minggu sebelum berangkat ke Batam. Terdapat 2 Hotel Lovina Inn di Batam, yang pertama berlokasi di Penguin dan satu lagi di Nagoya. Saya memilih Hotel Lovina Inn yang berlokasi di Nagoya karena berdekatan dengan Mall Nagoya. Hotel Lovina Inn Nagoya ini ternyata masih baru waktu saya nginap disana, yang paling saya suka kamar dan toilet di hotel ini bersih, Ac nya dingin dan overall pelayanannya memuaskan. FYI, 1 room type twin bed yang saya reservasi per malam sekitar Rp.250.000,- ++ include Breakfast buat 2 orang.

   Sore hari, saya jalan lagi ke bukit senyum, dinamain bukit senyum katanya bukitnya bisa bikin kita tersenyum karena dari bukit ini bisa keliatan negara Singapore dengan gedung2 tingginya. sampe di bukit senyum, emang bikin saya senyum-senyum,. bukan senyum-senyum karena bisa ngeliat pemandangan Singapore. tapi senyum-senyum bingung karena tempatnya gak seperti yang saya bayangin! lol :D saya ngebayangin bukit senyum itu kayak di Puncak - Jawa Barat. dimana ada tempat makan di atas bukit. tempat parkir mobil atau pemberhentian dimana kita bisa melihat pemandangan kayak di Puncak Pas.

   tapi ternyata cuma bukit aja dengan jalanan 2 arah yang gak begitu besar. dan sadly, gak bisa ngeliat pemandangan Singapore karena cuaca berawan. di bukit senyum banyak rumah-rumah setengah permanen ada juga yang dari teriplek jadi terkesan agak "kumuh" dan jalan yang gak begitu besar membuat agak susah untuk minggir-in mobil dan melihat pemandangan. kalo di tata lebih apik lagi pasti asik banget buat ngeliat sunset atau tempat untuk nongkrong dan makan di atas bukit. sayang sekali..


Bukit Senyum - Batam

   Dari Bukit Senyum saya beranjak ke  Harbour Bay di daerah Batu Ampar - Batam. setelah memarkirkan mobil. sejauh mata memandang di Harbour Bay itu banyak berjejer restoran seafood di tepi pantai dan ada sebuah Mall. pemandangannya bagus. dari Harbour Bay ada Kapal Cepat yang langsung Ke Singapore. Biayanya gak mahal untuk PP (Pulang-Pergi). dan waktu yang ditempuh juga gak lama +/- 40 menit. sayangnya saya belum bikin paspor. hanya kakak and papa saya yang punya paspor. next, kalo ke Batam emang sayang kalo gak nyebrang ke Singapore. ibaratnya nanggung banget..


Harbour Bay - Batam
Wave Master (Kapal Cepat Ke Singapore)



Me @Harbour Bay
order makanan









Kapal - Kapal penjaga di Batas Negara Indonesia & Singapore




Steamed Fish


Kepiting

Mari Makan




Sunset di Perbatasan Negara



Di Daratan Sebelah sana = Singapore
Semakin malam semakin berwarna


Sunset




Kapal2 pergi melaut




   Di Harbour Bay ini memang tempat yang asik banget untuk menikmati sunset sambil makan. pas banget saya dateng sore hari menjelang sunset. karena udara tidak panas dan bisa melihat sunset di perbatasan negara Indonesia dan Singapore. semakin malam semakin bersuara karena banyak live music di cafe-cafe Harbour Bay di malam hari.

   FYI, makan di Harbour Bay masih cukup terjangkau, memang sebanding dengan suasana yang didapat. di daerah Batam ada tempat buat makan seafood yang gak mahal di daerah Bengkong. itu yang reccomended ( info dari saudara dan driver) hanya spesial untuk makan tanpa suasana laut. boleh dicoba. tapi sayangnya saya gak kesana, karena kami sudah makan di Harbour Bay dan hari udah mulai malam, oh ya, dan untuk tempat wisata yang bagus ada juga di Costarina. Hanya saya juga gak sempat kesana juga sayangnya. .

   Puas Makan, saya jalan-jalan ke Mall yang gak jauh dari Harbour bay (alias cuma jalan kaki aja dari harbour bay) Mall nya sepi banget.. apa karena saya kesana pas hari biasa.. kurang tau juga, yang jelas berbanding terbalik sama mall di jakarta yang selalu rame walaupun letaknya berdeketan. hahaha. (namanya juga Jakarta). jangan disamain juga kali ya..


Suasana menuju Citra Supermall, Batam
   Di Citra Supermall ini banyak barang-barang impor (overall di Batam emang bejibun barang impor) bahkan  2 ribu rupiah saja kita udah bisa dapet 1 kaleng softdrink. kalo kita sabar-sabar dan teliti milih pas belanja. kita bisa dapetin harga pakaian, tas branded atau barang elektronik  dengan harga yang murah. asal kita pinter2 nawar dan bisa pilih barang, dijamin gak bakal nyesel ;) selesai berbelanja dan cuci mata di Citra Supermall ini saya balik ke hotel di Nagoya.

  Skip Skip, Esok Pagi nya sebelum Check-out dari hotel dan nyebrang ke Tanjung Pinang. saya dan keluarga sarapan Mie Lendir yang letaknya gak jauh dari hotel Lovina Inn Nagoya. tinggal jalan lurus aja ke arah kanan dari hotel. di hampir ujung jalan ada toko klontong yang jualan mie lendir, roti cane dll. hanya saja saya lupa nama toko kelontongnya. yang pasti nih tempat recommended untuk destinasi makan.

   Mie Lendir itu makanan khas dari Kep. Riau, (di Tanjung Pinang juga ada). mie lendir ini Mie (teksturnya seperti pasta dan tebal) di siram dengan kuah lendir. kuah lendir nya terbuat dari kacang yang dikentalin pake sagu ditambahkan di atasnya telur yang diiris rapih dan tauge yang udah di rebus. Mie Lendir yang saya makan di toko klontong ini enak banget.. Mie nya serasa kayak pasta (well-done cooked) jadi kekenyalan mie nya dapet banget. ditambah potongan cabe rawit. wah pas banget bagi yang suka pedas. sayang saya gak foto. karena keburu laper. heheh :D . tapi penampilan mie lendir itu seperti ini :

Mie Lendir, Sumber Gambar : Google
   
   Saya juga memesan Teh Tarik sebagai minumannya. (Teh Tarik = Teh dan susu yang di campur dengan di tarik dari gelas ke satu gelas lain hingga berbuih) teh tarik ini pas banget sebagai minuman sehabis makan Mie Lendir. Rasa pedas dari mie lendir tertutup dengan rasa manis dan gurih dari Teh tarik.
   Ngomongin soal belanja, kalo ke Batam Belum lengkap kalo gak jalan ke Mall Nagoya dan ruko-ruko di sekitar mall. disana bejibun banget barang-barang impornya. mulai dari Tas, Minyak Wangi, HP, Kamera, Dll. yang paling saya suka belanja tas nya. kalo bisa nawar, harga tas yang awalnya di tawarin ke saya dengan harga 350rb bisa kita dapetin dengan harga 200rb aja. kualitasnya juga bagus. which is kalo di jakarta harganya terhitung yang KW super 450an ke atas, saya bisa dapetin seharga 200rb di Batam. sekali lagi, asal pinter2 nawar dan jangan sungkan untuk jalan dari toko satu ke toko lainnya. karena pilihannya banyak,. jangan terpaku sama satu toko aja kalo mau dapetin tas terbaik dengan harga terjangkau. ;)

   Sehabis Sarapan dan belanja di seputaran Nagoya. saya beranjak ke Pelabuhan telaga Punggur untuk nyebrang ke Tanjung Pinang bertemu nenek dan saudara2 disana. Berakhir sudah trip 2 hari 1 malam di Batam. next saya mau tulis cerita perjalanan saya selama di Tanjung Pinang - Kep. Riau ;)

   Tips buat yang mau Ke Batam : Jangan lupa bawa topi, kaca mata dan sunblock. karena panas banget kalo siang, karena daerah pantai kali ya. panasnya bener2 nyengat dan kulit bisa belang. dan yang jangan sampe lupa siapin budget untuk  hunting barang2 di batam. karena bakalan banyak banget pilihan dan bakalan bingung mau pilih yang mana,. :p. Thank you for reading :)

0 comments: