Hi....
I’d like to write something about my career journey. Heheheh. Gak
terasa ternyata bulan Mei ini tepat udah 10 bulan saya bekerja di
tempat kerja saya yang sekarang ini. Tepat kira-kira setahun yang
lalu saya sedang menjalani proses interview di Sin*rm*s Pulp and
Paper Head Quarter yang di Serpong. Setelah saya mencoba peruntungan
dengan apply through j*bstr**t untuk lowongan yang ada.
Flashback..
Setahun
yang lalu saya menjalani proses tes tertulis dan interview dengan
user yang saat ini menjadi atasan saya sekarang. Maret 2014 lalu saya
sudah lulus sidang skripsi dan sudah yudisum, akhirnya saya coba
apply lamaran via internet untuk mencoba jenjang karir baru karena
belum ada tawaran untuk kenaikan jabatan di kantor lama. Huhuhu.
(saya kerja sambil kuliah waktu itu. Jadi senin - jumat saya kerja di
kantor konsultan PMA daerah Thamrin lalu sabtu dan minggu saya kuliah
di Es* *ngg*l ambil kelas ekstensi. Saya memilih jurusan sumber daya
manusia Fakultas Ekonomi. Lengkap yahh.. Whahaha).
FYI,
Kerja sambil kuliah itu gampang-gampang susah buat dijalanin, harus
pinter-pinter bagi waktu dan konsentrasi. Apalagi pas nyusun skripsi.
Alhamdulillah di tempat kerja saya yang dulu kondisi nya mendukung
sehingga Alhamdulillah S1 saya bisa rangkum dalam waktu 3,5 tahun. Apalagi dulu kuliah ambil kelas ekstensi yang Sabtu - Minggu, terbayar sudah perjuangan menghabiskan banyak waktu di kampus disaat yang lainnya weekend cantik, melewatkan malam minggu untuk duduk manis di kelas sampai jam 21.30 malem. Agak amazing juga kalo ngebayangin saya bisa melwati itu semua.. hahhaha Ok
-Skip-
Awal tes
masuk disini saya juga gak bisa berharap banyak, karena as we know untuk tes awal (tes tertulis dan phsycotest) itu kan masih tahap awal
banget dalam proses penerimaan. Jadi saya hanya berusaha menjalani
tesnya sebaik mungkin. Sisanya tinggal berdoa, :) karena kandidatnya
itu beberapa orang. Sedang posisi yang available hanya untuk 1
orang.
Setelah
selesai phsychotest saya dan kandidat lainnya langsung diinterview
oleh user. Saya waktu itu mendapatkan urutan kedua, jadi sambil
menunggu saya duduk rileks sambil membayangkan “apa bakalan
keterima ya... “ whahhaha, sekedar ngebayangin aja apakah rezeki
saya bakalan disini atau enggak. Karena pada saat itu, saya sudah
menjalani proses interview dan tes di 4 perusahaan (termasuk ini). Satu
perusahaan properti di daerah Sudirman (vacant : HRD officer), satu perusahaan apparel di daerah rasuna said kuningan (vacant : secretary) dan satu
universitas di daerah jakarta selatan (vacant : career development
officer) Cuma lebih berharap kalau saya bisa keterima disini. karena
letak tempatnya yang tidak jauh dari rumah dan perusahaan ini adalah
salah satu perusahaan skala besar dalam bisnisnya, jadi harapannya
lebih settle jika untuk bekerja dalam jangka panjang / kedepannya.
Tiba
giliran saya masuk dan ternyata user-nya adalah WNA bule (Mr. JK
namanya). Saya diinterview juga oleh beliau dan 2 subordinates-nya yang sekarang ini
menjadi officemates saya yaitu Pak Kenny dan Pak Andrew.
Awal
interview user meminta saya menceritakan tentang diri saya, saya ditanyai mengenai mengapa saya tertarik
bergabung disini. Saya menjawab semua dengan lancar, Alhamdulillah...
Hal yang
lucu adalah ketika Mr. JK menanyakan saya mengenai kenapa saya
interested belajar bahasa Norwegia. (saya mencantumkan di CV kalau
saya adalah beginner dalam mempelajari bahasa Norwegia). Alasan saya
adalah karena saya ngefans banget sama Kings Of Convenience dari
zaman SMP. Jadi saya berharap saya bisa ketemu mereka, entah kalau
mereka menggelar konser disini saya bisa datang ke konsernya, bertemu
dan menyapa atau mengobrol (mungkin)..:DD karena mereka menginspirasi
saya untuk mencari tau lebih dalam tentang Norwegia. Beliau tertawa
dan menanyakan bagaimana kalau belajar tentang bahasa Finlandia. Oh
saya baru tau ternyata Mr. JK ini berasal dari Finlandia.
Setelah
selesai proses interview selesai user mengabarkan kalau saya lolos
saya akan dikabari kurang lebih 2 minggu kedepan. Selesai proses
interview tersebut saya kembali ke rutinitas pekerjaan di kantor lama
seperti biasa, sambil berharap saya akan diterima di salah satu dari
keempat perusahaan yang telah saya datangi..
Kekuatan
Doa...
Yah kita
harus percaya sama yang namanya kekuatan doa. Sebagai seorang muslim,
yang saya lakukan setelah melakukan usaha yang terbaik sisanya
tinggal berdoa kepada Allah S.W.T untuk diberikan yang terbaik. Satu
minggu berlalu, sampai masuk minggu kedua belum ada kabar juga dari
keempat tempat tersebut. OK saya berpikir saat itu mungkin belum
rezeki saya di semua tempat tsb. Sampai pada hari kamis di minggu
kedua setelah interview terakhir di S*n*rm*s, akhirnya saya mendapat
telpon.... dan ternyata itu dari S*n*rm*s p*lp and p*p*r. Wah rasanya
kaget dan senang campur aduk deh. Whahahha. Ketika ditelpon itu saya
posisinya lagi pulang kerja dan dalam kopaja menuju stasiun sudirman,
kebayang dong berisik suara mesin, pengamen dan ramenya orang yang
ada di dalam kopaja. :)) walaupun suaranya tidak terdengar jelas,
tapi intinya dari pihak recruitment mengabarkan bahwa mereka telah
mengirimkan email offered salary dari perusahaan. Dengan kata lain
saya hanya perlu membaca enailnya dan saya diundang untuk
menandatangani perjanjian kerja di hari selasa minggu berikutnya. aka
jika saya setuju dengan salary dan benefit yang ditawarkan, saya
diterima disana.
Setelah
membaca email, dan saya menemukan offering yang lebih dari yang saya
bayangkan sebelumnya, saya menyetujui. Akhirnya saya datang ke kantor
serpong untuk menandatangani perjanjian kerja saya juga diberikan
surat pengantar untuk menjalani Tes Kesehatan di Ek* Hospital. Saya
bersyukur pada Allah S.W.T ... Karena semua pencapaian saya ini tidak
terlepas dari usaha dan doa yang saya panjatkan serta kedua orang tua
yang selalu mendoakan saya..
Menjelang
Resign dari kantor lama
Campur aduk rasanya.. Apalagi saya udah bekerja kurleb mau 4 tahun
disana. Hal yang pertama saya lakukan setelah keterima di tempat baru
adalah saya mengirimkan email ke atasan di kantor lama saya (Mr.
Dean) perihal pengunduran diri saya efektif per awal agustus 2014.
Karena setelah lebaran (awal agustus 2014) saya resmi bergabung di
Sin*rm*s. Baru pada saat itu saya ditawari untuk kenaikan salary dan
jabatan.. Tapi yaa apa mau dikata, sudah telat kalau ditawarinya
setelah semua proses yang saya jalani saat itu.. Sedih juga
sejujurnya, karena disini sudah seperti comfort zone buat saya, saya
membayangkan apa di tempat baru akan enak.. Dll. Tapi memang kita
harus keluar dari comfort zone untuk mencoba tantangan baru agar
lebih berkembang,, saat itu juga saya mendapat telpon dari perusahaan
apparel yang di kuningan, tapi apa mau dikata juga saya sudah
diterima di Sin*rm*s, mungkin ini yang dinamakan kalau rezeki memang
gak kemana. memang rezeki saya sudah di S*n*rm*s :)
Hari-hari terakhir di kantor lama, satu persatu colleagues memberikan
hadiah kenang-kenangan untuk saya *terharu* dan saya pun tidak lupa
membelikan makanan sebagai farewel party :’’) hari terakhir
bekerja di kantor lama saya juga tidak lupa untuk berfoto dengan
semua rekan-rekan kerja saya dan memfoto meja kerja saya yang telah
saya tempati salema ini :’’)
Awal
masuk kantor baru
Hari pertama ... It felt like homesick. Lingkungan kerja baru,
orang-orang baru, team baru, semuanya serba baru.. Posisi kerja baru,
tugas + tanggung jawab baru, wah semuanya seperti memulai dari awal
lagi. Memang bukan hal yang mudah untuk beradaptasi, tapi gimana
pinter-pinternya kita membawa diri. Alhamdulillah di divisi tempat
saya bekerja orangnya asik-asik. Walaupun I am the only woman di
departemen, sisanya cowo semua... Saya bekerja sebagai sekretaris.
Karena divisi engineering yah pastinya isinya engineer semua. Saya
disini memiliki tugas untuk assist kepala divisi , kepala departemen
dan kepala seksi, mantain travelling engineers, membuat laporan ke
atasan, menjadi note taker pada saat meeting dll.
Walaupun notabennya pekerjaan saya ini tidak sesuai dengan saya
sebagai lulusan manajemen sumber daya manusia. tapi saya cukup
menikmatinya :D Dimana saya disini memanage banyak kepala dan
mengatur aktivitas di divisi agar berjalan dengan baik. Apalagi
dikantor saya sebelumnya juga saya berpengalaman sebagai admin
assistant. Mungkin dari pengalaman kerja sebelumnya yang membuat saya
memang untuk kedepannya berkarir untuk posisi saya saat ini.
Yang bikin makin homesick adalah hari pertama saya bekerja di tempat
baru, pada saat makan siang teman kantor saya menelpon menanyakan
bagaimana suasana di kantor baru. Huhuhuhu.. Rasa kangen sama suasana
kantor lama pastinya tidak mudah untuk dihilangkan, apalagi
kebersamaan saya dengan teman-teman dikantor lama itu solid banget.
Alhamdulillah walaupun sudah resign saya masih tetap berkomunikasi
dan menyempatkan diri untuk dapat bersilaturahmi dengan mereka.
10
bulan sudah saya disini....
Gak terasa bulan ini sudah menginjak 10 bulan saya disini, saya sudah
merasakan kenyamanan di tempat kerja saya yang baru. Alhamdulillah
saya memiliki rekan-rekan kerja yang baik di Divisi saya, atasan yang
baik. Dengan di bagian kepala departemennya terdapat 2 WN Finlandia
(Mr. JK dan Mr. JA), 2 Bule lainnya yakni Mr. RM dan Mr. PB dan 1 orang WN Taiwan (Mr. CSC). Kepala divisi
nya sendiri adalah WN Taiwan (Mr. WPZ). Rekan-rekan kerja disini juga
sangat friendly walaupun divisi sering sepi karena sebagian
penghuninya lebih sering travelling.
Saya juga sudah memiliki teman-teman lainnya dari berbagai divisi.
Saya merasa senang karena saya memiliki teman-teman wanita dari
divisi lain. Sebagian lainnya juga laki-laki. Mereka sangat welcome,
karena pertemuan yang sering di mushola kantor keakraban kami terus
terjalin, lunch dan hangout bareng setelah jam kantor berakhir :>
begitupun halnya dengan teman-teman di divisi, saya sering lunch
bareng dengan mereka. Hampir lebih sering dengan Pak Kenny, Andrew
dan Henry.
Disini juga walaupun peegawai yang beragama muslim tidak begitu banyak,
tapi yang bagusnya adalah disini diadakan tausiah mingguan untuk para
pegawai yang muslim tsb. Siraman rohani setiap minggu cukup baik
menurut saya untuk menambah ilmu agama islam.
Oh ya, karena bekerja disini juga saya jadi tertarik untuk belajar
bahasa mandarin. Saya sudah mendaftarkan diri pada tempat kursus
bahasa mandarin di dekat rumah. Semoga kursusnya berjalan dengan baik
dan saya dapat memiliki kemampuan berbicara bahasa mandarin secara lancar (segera)
:)
Sudah lebih dari 10 bulan juga saya tidak merasakan kemacetan
Jakarta, :’)) lari di stasiun karena takut tertinggal kereta, lari
di stasiun sudirman untuk bisa tap tiket duluan di tapping gate (karena
manusia-nya banyak banget yang turun di st. Sudirman kalo hari
kerja, jadi antriannya buat tap di gate aja bisa mengular) , berebutan
naik metromini / kopaja, lari di trotoar thamrin menuju kantor karena
hampir telat apalagi zaman dulu naik busway, sampai rumah jam 7 itu
udah alhamdulillah banget, karena macet waktu tempuh dari thamrin ke
rumah itu bisa 2 jam bahkan lebih. Apalagi kalo hujan, wah apek!
The worst experience itu pernah sampe rumah jam 1 pagi karena hujan; banjir; macet parah dimana2 karena banjir. Padahal
dari kantor jam 5 sore. Fiuhhhh
Sekarang Alhamdulillah banget waktu tempuh ke kantor cukup sekitar 30
menit dan macetnya juga masih masuk akal cuma pas lampu merah dan
perempatan atau angkot ngetem... Bahkan kadang gak ada macet sama
sekali.
Dari semua pengalaman yang telah saya jalani ini yang saya rasakan
adalah jangan pernah menyerah untuk mengejar impian dan jangan pernah
takut untuk mencoba. Saya gak pernah membayangkan sekarang saya jadi
berkarir disini. Semua gak akan terjadi kalo gak saya gak mencoba
untuk apply pada lowongan yang ada waktu itu, semua gak akan jadi
seperti ini kalo saya gak berusaha sebaik mungkin waktu tes dan
interview, semua gak akan jadi seperti ini tanpa ada campur tangan
Allah S.W.T yang menggariskan kalo rezeki saya memang disini <3 br="" nbsp="">3>
Alhamdulillah.
3 comments:
hebat ya mbak.. saya terinspirasi dengan cerita mbak.. one day saya mau mencoba tantangan baru, terima kasih untuk share ceritanya
nice
Alhamdulillah, artikelnya bagus mbak š Hermione Granger
Post a Comment