My Instagram My Google+ LinkedIn My Facebook My Twitter RSS Feed

Vacation to Bali - Day 4 : Kebun Raya Eka Karya Bali - Bedugul - Tanah Lot

Wuhuu,, sudah memasuki hari keempat di Bali. Gak terasa banget disini., pada hari ke-4 liburan saya di Bali, kami berencana mengunjungi 3 tempat wisata. Pagi hari kami berangkat dari Pop Hotel Kuta sekitar jam 9 pagi. Perjalanan dari kuta menuju Kebun Raya Eka Karya Bali ditempuh kurang lebih selama 1,5 jam menuju tengah - utara Bali. Kebun Raya Eka Karya Bali terletak di Kecamatan Baturiti, kabupaten Tabanan Bali.

Perjalanan yang kami tempuh cukup mulus tanpa ada kemacetan seperti di Jakarta. hehe. Kita akan disambut oleh pemandangan alam yang sangat indah. Jalan yang berkelok-kelok menanjak ditambah udara yang sejuk akan kita rasakan diperjalanan menuju tempat wisata tsb.

Sampai di tempat wisata, hal yang dilakukan yakni tentunya beli tiket masuk. hehehhe. Harga tiket masuk per orang untuk wisatawan domestik Rp. 8.000,-  Setelah melewati gerbang, kita akan disambut oleh deretan patung yang sangat artistik. Ada 1 patung berukuran cukup besar yang sangat iconic (cuma lupa patung apa itu namanya) .. :/ yang jelas cukup bagus untuk dijadikan spot foto bagi yang narsis. :))

Selesai foto-foto, kami melanjutkan mengelilingi Kebun Raya Eka Karya Bali, saya mengunjungi sebuah rumah besar yang atapnya terbuat dari kaca dimana didalamnya berisi berbagai macam tumbuhan kaktus. Selain itu saya juga mengunjugi taman anggrek dimana berbagai macam tumbuhan jenis anggrek ada didalamnya.

Rasanya ingin sekali berlama-lama disini. Berhubung masih ada dua tempat wisata yang ingin kami kunjungi, jadi kami hanya sekitar 1 jam berada di tempat ini. Kami beranjak dari kebun raya Eka Karya Bali menuju danau Beratan, Bedugul. Jaraknya hanya sekitar 10-15 menit dari sini.

HTM tempat wisata Danau Beratan ini adalah Rp. 10.000,- yang menjadi icon di tempat ini pastinya adalah pura yang terletak di tengah danau Beratan.

Di tempat wisata Danau Beratan ini selain terdapat pura juga terdapat tempat bermain anak-anak (ada ayunan, etc) lalu disini juga tidak perlu khawatir untuk yang mau beli oleh-oleh juga terdapat toko-toko yang menjualnya, harganya juga terjangkau. Kira-kira 2 jam cukup untuk kita mengelilingi tempat wisata ini. Puas berwisata dan berbelanja, kami makan siang di RM Ayam Taliwang yang terletak tepat diseberang pintu masuk tempat wisata. Tempat ini saya rekomendasikan karena harganya yang terjangkau dan rasa makanan yang lezat. Disini juga terdapat mushola yang terletak di bagian belakang rumah makan. Jadi bagi yang muslim gak perlu khawatir gak bisa sholat karena susah cari mushola :)

Kenyang mengisi perut dan sholat zuhur, saya dan keluarga beranjak dari kawasan wisata Bedugul menuju Tanah Lot (back to south Bali). hihihi. Perjalanan ditempuh kurang lebih 1,5 - 2 jam.

HTM Tanah Lot untuk wisatawan domestik Rp. 10.000,- Jalan memasuki kawasan wisata di sisi kanan dan kirinya di penuhi oleh lapak pedagang yang menjual berbagai oleh-oleh. Lagi, dengan harga yang terjangkau saudara-saudara. Pinter-pinter nawar aja pasti bakal bisa borong deh. hehehhe. FYI, Di Tanah Lot dengan harga Rp. 10.000,- s.d Rp. 15.000,- saja kita akan mendapatkan berbagai jenis kalung yang bagus-bagus saudara-saudara.

Ketika kunjungan kami kesini, air lautnya sedang surut. Jadi bisa  jalan-jalan menuju pura diatas karang. Lalu di Tanah Lot ini saya juga mengunjungi gua dimana didalamnya terdapat ular suci. Setelah memberikan sumbangan seikhlasnya, orang-orang mengantri untuk memegang ular tersebut dimana mitosnya keinginan dan cita-cita akan tercapai jika kita memegang ular tersebut kemudian mengucapkan keinginan dan harapan (wallahualam). Well, cukup menegangkan nih. Tapi setelah megang badan ularnya biasa aja sih. hihhihihi. untung kepala ularnya gak ditampakin. Jadi cuma bagian badannya aja, Giliran seorang cowok di depan saya pas kepala ularnya menghadap depan. alhasil cowok tersebut ketakutan gak mau pegang sampe diledekin temen-temennya.  Tapi akhirnya kepala ularnya muter lagi, baru deh cowok tsb berani megang. hahahahha..

Selain dibawah kita juga bisa jalan menaiki sampai puncak tebing disisi lainnya. Sayangnya saya berkunjung kesana ketika sore hari dan bertepatan dengan akhir pekan. Jadi banyak orang yang berkumpul untuk sekedar duduk, foto-foto dan melihat pemandangan. jadi saya mencari tempat yang sepi aja buat foto-foto biar lebih khusyuk fotonya #Lohhh

Saya rekomendasikan ke Tanah Lot ini kalo paling enak memang sore hari, selain udaranya gak begitu panas kita juga bisa menikmati sunset dari bawah atau atas tebing yang pemandangannya langsung laut lepas dan itu indahhh bingiit... Sayang acara ngeliat sunsetnya terganggu kumpulan awan hitam a.k.a mendung, dan hujan yang turun membuat penonton bubar saudara-saudara. Hahahha,. semuanya bubar mencari tempat perlindungan untuk berteduh.

Sekian perjalanan wisata hari ke-4 saya di Bali. Thank u for reading :)

goforvacations said...

Mengunjungi Bali adalah pengalaman yang paling mengesankan. Pulau itu memang destinasi liburan yang menjajjikan seribu pengalaman unik. Aku suka banget ke Bali.